Translate on (terjemahkan kedalam bahasa)

Rabu, 30 September 2015



CARA MEMBUAT COVER
Seperti pada postingan saya sebelumnya tentang bagaimana cara membuat surat undangan, didalam thread ini saya akan berbagi bagaimana cara membuat cover dan daftar isi suatu buku dengan aplikasi microsoft word 2007, dengan sedikit pengetahuan saya tentang microsoft word mari kita mulai langkah langkah pembuatannya.
Seperti membuat surat undangan langkah pertama untuk membuat cover dan daftar isi adalah membuat new blank document, dengan klik office button pada pojok kiri atas lalu new kemudian klik blank document. Setelah itu mari kita masuk langkah-langkah selanjutnya,yaitu :
1.       Langkah pertama atur semua tampilan cetakan.
·         Atur ukuran kertas, dengan cara :
Klik “page layout” pada menu bar >> lalu klik size >> kemudian pilih ukuran A4 (sesuai selera dan format yang dianjurkan)
·         Atur margin, dengan cara :
Klik “page layout” pada menu bar >> lalu klik margin >> kemudian pilih custom margin (supaya dapat mengatur margin sendiri sesuai aturan dan format yang diinginkan)
·         Atur font type dan font size, dengan cara :
Klik “home” pada menu bar >> pilih font type (sesuai selera) dan pilih font size (juga sesuai selera). Namun untuk ilustrasi ini saya menggunakan font type “Times New Rowman” dan font size “12” .

2.       Lalu langkah kedua, untuk membuat buku kita perlu menyisipkan halaman pada setiap halaman nya, untuk membuat halaman dalam setiap lembarnya kita perlu menggunakan format “Page Number”. Untuk membuat “Page Number” kita cukup melakukan :
Klik insert >> Page Number >> Top of Page (sesuai selera peletakan halaman pada setiap lembarnya, boleh diatas/dibawah) >> Plain number 3 (sesuai keinginan)  >> Format page number >> pilih dan ubah menjadi i,ii,iii (sesuai selera)  >> ubah pula start at menjadi i >> ok
3.       Langkah selanjutnya kita mulai membuat cover. Dengan ilustrasi yang sudah saya buat saya akan sedikit menjelaskan nya. Berikut adalah urutan cara membuatnya :
·         Untk tulisan “BUKU AJAR” menggunakan  font size 26 dan font size “blackoak std” >> lalu block >> kemudian aktifkan effect centre (ctrl+C)
·         Untuk tulisan “MATEMATIKA EKONOMI” menggunakan word art, cara menggunakan word art adalah : klik “insert” pada menu bar pilih “Word Art” >> kemudian pilih style sesuai selera dan kemauan.
·         Untuk tulisan “PROGRAM STUDI : MANAJEMEN (S-1)” menggunakan font size 32 dan font type “Times New Rowman”.
·         Untuk memberikan logo “STIE-AUB” kita perlu menyisipkan gambar didalamnya dengan cara: klik “insert” pada menu bar >> lalu pilih “picture” >> kemudian klik file picture yang akan dimasukan pada folder yang sudah ada >> kemudian klik “open” maka gambar akan muncul dalam lembar kerja miscrosoft word anda.
·         Untuk tulisan “Disusun kembali oleh : Bernado Satya Prayoga 2015 –  514 – 322” dan “SEKOLAH TINGGI ADHI UNGGUL BHIRAWAN (STIE – AUB) SURAKARTA 2011 menggunakan font type yang sama yaitu “Times New Rowman” dengan font size 26 dengan menggunakan effect “BOLD”
Didalam langkah membuat cover ilustrasi ini, menggunakan format Center, jadi setelah mengetik semua tulisan yang tercantum pada cover ini cukup klik “ctrl + A” untuk mem block semua tulisan yang ada lalu klik “ctrl + E” untuk mengaktifkan format “centre” pada lembar kerja anda.


4.       Langkah selanjutnya adalah membuat daftar isi, membuat daftar isi adalah tahap yang tingkat kesulitan nya susah susah gampang, dalam membuat daftar isi kita harus memperhatikan halaman yang ada. Berikut saya ulas bagaimana cara membuat daftar isi (sesuai ilustrasi yang sudah saya buat).

 Cara membuat daftar isi seperti ilustrasi diatas adalah :
·         Tulis “daftar isi” dengan font type “Times New Rowman” dengan font size “28” dan dengan menambahkan efek “bold”
·         Untuk menuliskan daftar isi dituliskan biasa dengan “Times New Rowman” dengan menambah kan titiktitik dan diberi jarak antara titik terakhir dengan “I,ii,iii” menggunakan “tab” pada keyboard.
setelah selesai membuat cover dan daftar isi tinggal teliti dan koreksi apa ada yang masih salah dari apa yang telah kita buat jika sudah merasa benar maka tinggal kita save, cukup tekan tombol “ctrl+S” pada keyboard maka selesai lah tugas kita.
Sekian postingan ini saya buat trimakasih untuk kunjungannya :D jangan lupa share yaa J
semoga bermanfaat dan selamat mencoba :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar